sigemblung

Life as a teenager & toddler's mom

Perjuangan mencari DSA

leave a comment »

Cari dokter anak tuh susah2 gampang susah.

Waktu anak gw yang pertama, ga terlalu susah karena gw belum terlalu freak gitu yang harus RUM lah, support ASI dll secara milis2 belum segencar skrg. Tingkat edukasi masih rendah hehehe. Seinget gw cuma 2 dokter, dokter A yang dari lahiran tapi gw ganti karena agak jutek gitu. Dan keputusan ganti pada suatu malam neng arong sakit, eh sama dese per telp suruh opname aja karena ngedenger anak nangus2 jerit2, padahal itu bukan ara. Trus opname didiemin aja tuh, akhirnya jam 2 pagi gw capcus deh. Besokannya ge datengin tempat prakteknya, dan itulah jawabannya knapa si ara kudu masuk rs, karena dia denger anak nangis2. Coreeeeeeeettt!!!

Abis sama dokter A, pindahlah gw ke dokter P atas rekomendasi temen gw. Alhamdulilah tokcer banget, meski gw baru ngeh sekarang kalo super duper antibiotik yaaa. Untung ara ga gitu sering sakit. Pas 4 thn capcus ke oz praktis ga pake dokter anak, ke dokter umum aja deh di kampus. Nah ini perjuangan banget karena dokter sana ga pernah ngasih obat. Sakit flu sungapore, kaga dikasih obat cuma panadol aja sama minum yang banyak. Panas, boro2 dikasih obat cuma kompres dan minum yang banyak, panadol kalo perlu. Tapi alhamdulilah gw pernah melewati 5 hari demam yang akhirnya turun ndiri cuma gw kasih panadol dan kompres aja.

Nah skrg nyari DSA buat pael ribet.com stengah mati. Waktu di bogor, mulai dengan dr R (kalo ga salah, lupa namanya hahaha udah tuwiiir).. Gara2 dia yang nanganin dari lahir kan. Tapi itu juga udah drama karena ketika suster nyuruh pake formula dia setuju aja. Katanya susu gw dikit, padahal pael baru 1 hari. Gw menyesaaaaal sekali pilih A jadi rs bersalin gw, dan menyesali keputusan gw iya2 aja bego gitu. Harusnya kan gw udah pinteran dikit dong. Akhirnya cuma 1x gw datengin abis keluar dr rs, trus pindah ke dokter A yang lain. Dokternya cakep, ramah, tapi pas 3 bulanan gitu pael tangannya kaya suka gemeteran gitu, langsung disuruh ct scan. Gw oon kan ya, gw turutin deh. Tapi gw dimarahin dokter kandungan gw yg top markotop dan dia refer gw ke dr J. Jadi hasil ct scan gw bawa ke dr J yang ga diliat sama sekali, dan dia bilang “nanti juga hilang sendiri”. Dan bener loh sodara2. Sooo sejak itu gw pindah deh ke dr J yang pasiennya segambreng.

Dr J basically ok, tepat waktu pula, itu yang gw demen. Tapiiii pael itu kan alergian, jadi kalo masalah alerginya gw coba ke dokter terkenal di jekardah, dr W. Dokternya rameeee anjrit, trus yang gw seneng dia ga gampangan ngasih obat tapi berusaha ngilangin alergennya. Nah banyak banget tuh pantangan makananannya di awal. Bener2 diperhatiin apa penyebab alerginya. Observe selama 3 hari, dan iya banyaaaak banget pantangannya. Waktu awal2 alerginya kan ke kulit jadi eksim gitu, tapi lama2 pas udah gedean jadi ke batpil. Nah yang gw akhirnya berenti dari dokter W, karena dia kadang keukeuuuuuuh sama teorinya ampe ga dengerin gw sebagai pasien. Dan waktu itu gw nunggu dari jam 8 sampe jam 3 dong, udah kesel, dokternya ga dengerin gw, jadi gw pundung lah. Dokter alergi pertama coreeeeeet.

Trus gw pindah ke bintaro, berarti another hunting dokter anak. Siggh cape deeeeh. Direkomen ke tetangga ke dr N, ok lah jabanin. Dokternya cantik, baik, jadi gw jabanin tapi untuk sakit2 biasa aja. Tapi pencarian dokter anak alergi gw belum berhenti. Pernah sempet ke dr Z (ngarang nama) yang RUM gitu, tapi laki gw ga sreg. Akhirnya gw cobain ke prof apa tuh ya (alamak, gw pikunan amat ya). Tapi ga sembuh2 jugaaaa gw frustrasi.

Akhirnya hasil dari hunting internet, ketemulah sama dr Z. Dan gw cuocuok!!! Diobatinnya beneran tuh, 6m medication karena udah mau jadi asthma. Pael juga lsg jadi gendut gitu. Jadi akhirnya gw maintain 2 dr, dr N dan dr Z buat alerginya. Kalo yang pilek doang ke dr N aja soalnya deket, dr Z jauh maaaak. Tapiiii dr Z sering banget jalan2 abroad, jadi sering ga ada pas pael sakit.

Sampe suatu hati udah ampe susah nafas banget neng pael gara2 obat panas dari dr N yang ngasih ibuprofen. Padahal itu gw baca memicu asthma lebih parah. Gw tanya dr Z lewat fb, dia comfirmed that (dr Z mantab banget deh, sms mau, fb mau… I love u doook). Jadi dr N gw coret dan gw lsg ganti dokter malam itu juga (sampe diopname nih akhirnya). Gw pilih dr B yang senior banget, dan cakep hehehe. Gw cukup puas karena ga gampangan ngasih obat dan keliatan seniornya deh.

Keluar dari rs ge pengennya terusin dr B, tapi dokternya cuti muluuuu. Akhirnya pas pael panas lagi dan besoknya kita kudu ke jogja, terpaksalah gw harus bawa ke dokter. Dr N udah coret, dr Z lagi di LN, dr B cuti … Alamaaaak. Hunting2 dapet dr S. Gw coba dateng doktrrnya komunikatif sekali, sudah senior, mau jawabin pertanyaan2 gw yang banyak dan bawel, daaaan lsg sembuh. Baru sekali ini gw liat dokter bener2 ngeliat tenggorokan si pael ampe gw juga disuruh liat. Mudah2an ok ya… Gw masih cinta dr Z sih, karena mnrt gw dia ngerti alerginya pael. Tapi jauh dan sering ga ada di tempat. Trus kata laki gw kalo ada 2 doktrr puyeng juga.. Yowes deh, mudah2an sesudah dr R, A, J, W, N, Z ngarang, P, B, Z… This one will be the last🙂. 10 doctors, and still not satisfied hiks

Written by desinamangkuprawira

March 24, 2014 at 10:00 am

Posted in Farrell

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: