sigemblung

Life as a teenager & toddler's mom

Prosedur Membuat Passpor (anak) tanpa calo (di Bogor)

leave a comment »

Secara Pael belum punya passport dan kita rencananya pergi tggl 11 sept nanti, bersiap2lah gw bikin passport. Nanya sana sini, bikin lewat calo lebih mahal dari tiket nya neh. Gw urus aja dah sendiri, katanya kan udah gampang.

Sebelumnya dokumen yang harus dibawa:

    akte lahir anak
    akte lahir ortu
    ktp ortu
    passport ortu yg masih berlaku, salah satu aja
    kk
    akte nikah ortu

Semua dicopy 1x ukuran A4 (jangan ada yang dipotong dgn ukuran lebih kecil dari A4), dan aslinya dibawa juga.

Berikut prosesnya, dicoba selengkap dan seinformatif mungkin.
0. Pra pengurusan
Sebaiknya sebelum masukkin dokumen beli dulu map + surat pernyataannya sehari sebelumnya. Untuk anak, jangan lupa kasih tau kalau ini UNTUK ANAK, karena khusus ada surat pernyataan dari orangtua.

1. Penyerahan Dokumen
Gw datang jam 7 pagi, yup right 7 AM. Abis anter Ara ke skolah, langsung ke imigrasi. Masih sepi, gw urutan pertama. Nah tuh dokumen ditaro dulu di meja satpam secara kantornya belum buka, nanti dikasih satpamnya ke dalam sebelum kantor buka.

Tepat jam 8 kantor buka, beberapa menit kemudian gw dipanggil pertama, trus dikasih no urutan untuk penyerahan berkas. Yes, no 1 dong. Beberapa menit kemudian dipanggil untuk nyerahin dokumen. Gw udah siap2 untuk unfriendly faces, tapi ternyata orang2nya baik dan ramah2 loh.

Ketika penyerahan dokumen, dicek dok kita lengkap ga. Waktu Farrell sih ga ditanya aslinya mana, tapi pas gw ngurusin buat my hubby besokannya (yup right gw dateng 2 hari berturut2 ke imigrasi, secara laki gw ga jadi ngurus di kantornya) ditanya semua aslinya tuh. Jadi pas ngurusin Farrell ga diminta tunjukkin aslinya, tapi pas ngurusin Panji disuruh tunjukin, pake ditanya2 lagi. Dan herannya kalo ditanya petugas berseragam gw jadi terbata2 gt, kayanya kalo lewat lie detector ketangkapnya boong mulu deh.

Ketika dokumen sudah selesai dicek n ricek, kita dikasih form lagi buat foto. Agak aneh, gw ngurusin Farrell hari rabu disuruh foto next tue. Ngurusin Panji hari kamis, fotonya juga next tue. Kenapa ga next day nya ya? Apa dia lihat load nya ya? Eniwei bagus lah mereka berdua foto pada hari yg sama🙂.

2. Foto dan wawancara
Hari ini saatnya foto dan wawancara. Wah banyak perubahan nih di kantor imigrasi bogor, sekarang udah ada ticketing systemnya jadi ambil nomor gitu. Jadi info gw di atas udah ga berlaku lagi deh.

Eniwei, strategi dateng jam 7 masih berlaku sih, laki gw boleh ngambil nomor antrian duluan jadi aja kita dapet no 2 dan 3.

Jam 8 lebih dikit dipanggil deh, bayar dulu, per orang 255rb. Coba kalo pake calo, buat anak bisa 750rb, buat orang gede 600rb, berarti gw udah save 850rb tuh dengan ngurus sendiri:). Trus jam steng 9 loket foto dan wawancara buka, secara kita kebagian no 2 dan 3 jadi jam 8.45 udah selesai foto dan wawancaranya. Next week passportnya selesai siap untuk diambil, sesuai peraturan akan selesai dalam 4 hari kerja sesudah wawancara.

Mantap deh. Alhamdulilah lancar. Salut sama depkumham, ga ribet sama sekali dan prosesnya lumayan transparan. So, kalau mau bikin passport mending bikin ndiri aja, ga mahal asal mau ribet dikit dateng pagi2 ke imigrasi. Eniwei nantinya kan tetep harus dateng foto juga toh. Sementara untuk nyerahin berkas bisa minta tolong suami/istri or supir (di kantornya sih ditulisnya cuma bisa diwakilkan untuk suami, istri, anak, ortu). Dan nanti ketika ngambil passport bisa dikuasakan ke orang lain.

Written by desinamangkuprawira

August 16, 2011 at 9:28 am

Posted in How to

Leave a Reply

